Jalur Mamminasata Tak Kebagian APBN

February 15, 2012
By

MAKASSAR, FAJAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berharap proyek pembangunan jalan untuk Program Mamminasata dipercepat. Harapan itu disampaikan sekaitan dengan tidak adanya anggaran untuk jalan di wilayah Mamminasata dari APBN tahun ini.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Sulsel, Andi Bakti Haruni saat ditemui FAJAR di kantor gubernur mengatakan pihaknya kan melakukan pertemuan dengan Balai Besar Jalan dan Jembatan Sulawesi untuk membahas hal ini.

“Kita mau duduk bersama dengan Balai Besar Jalan. Mudah-mudahan sedikit juga ada upaya percepatan penanganan jalan di wilayah Mamminasata,” kata Bakti.

Soal tidak adanya anggaran untuk jalan Mamminasata termasuk midle ring road, Bakti mengatakan, tidak ada masalah. Alasannya, mereka memang fokus menyelesaikan proyek jalan di Jeneponto. “Kita fokus di ruas jalan selatan,” katanya.

Meski proyek jalan tersendat, Bakti mengaku tidak akan ada masalah di program Mamminasata. Alasannya, saat ini, ada beberapa program yang tetap berjalan.

“Kita sisa mengisi beberapa program yang sudah direncanakan antara lain instalasi pengolahan limbah. Mudah-mudahan bisa secepatnya karena pemerintah kota juga sudah membebaskan lahan. Pengelolahan persampahan insya Allah tahun ini juga akan coba-coba dibangun. Hanya saja, saya belum tahu angka pasti untuk anggarannya. Yang jelas ada penanganan persampahan yang diperuntukkan untuk Mamminasata,” kata Bakti.

Monorel yang juga bagian dari Mamminasata menurut Bakti sedang berproses. “Penyediaan air bersih juga sebenarnya sudah ada konsepnya. Saat ini sisa jalan dan persetujuan dari beberapa pemerintah daerah sebab itu perlu,” katanya.

Bakti menjelaskan, Perpres yang sudah turun dari pusat menjadi jaminan untuk kawasan Mamminasata. Hanya saja, untuk total investasi, ia mengatakan, itu belum bisa dihitung. Apalagi kata dia, Mamminasata itu bukan konsepsi infrastruktur melainkan konsepsi ruang.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan Makassar, Rahman Jamil sebelumnya mengatakan, untuk 2012 Makassar hanya mendapat satu jatah proyek jalan dari pemerintah pusat. Pusat mengucurkan anggaran Rp20 miliar untuk pelebaran Jalan AP Pettarani.

Mengenai middle ring road di depan kampus STMIK Dipanegara, Rahman mengatakan tahun ini dipastikan tidak akan dilanjutkan lantaran lahannya tidak tuntas. Proyek jalan Mamminasata juga sampai saat ini belum ada kejelasan. (amr/pap)

Comments

comments

Comments are closed.

Radio Streaming Fajar FM [89,3 Mhz]

Get the Flash Player to see this player.


Dengarkan di WINAMP